Panduan Mengganti Habit (kebiasaan) Buruk Menurut NeuroScience

Manusia kalau dilihat dari sudut pandang psikologi bisa disebut sebagai individu yang memiliki serangkaian habit (kebiasaan) yang ada hampir di seluruh waktumu. Kebiasaan ini terbentuk karena hal-hal yang sering kamu lakukan.

Contohnya jika kamu sedang memiliki waktu senggang dan kamu bermain games di hp atau membaca buku. Pilihan itu bisa jadi bukan pilihan yang didasari pikiran namun bisa juga karena kebiasaan yang sudah terbentuk.

Kebiasaan atau habit yang sudah terbentuk ini seperti program yang membuat memiliki perilaku dan itu akan mengarahkan dalam hidupmu.

Jika kamu memiliki lebih banyak kebiasaan baik seperti membaca, membuat jadwal itu tidak akan masalah, namun jika kamu memiliki lebih banyak kebiasaan buruk maka hidupmu akan berjalan dengan tidak semestinya.

Kebiasaan yang kau miliki akan menentukan banyak hal dalam hidup seperti kerajinan, kebiasaan belajar, membaca, berlatih, dan lain sebagainya. Untuk memiliki hidup yang berisi maka kamu perlu memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Kebiasaan baik dan buruk

Setiap orang memiliki kebiasaan baik dan buruk dalam dirinya.

Coba pikirkan lagi, seberapa banyak masalah yang sekarang kau hadapi gara-gara kebiasaan burukmu?

Nilai jelek, under perform di kantor, kerjaan menumpuk, dan lain sebagainya. Bisa jadi masalah-masalah yang saat ini kau hadapi karena kebiasaan buruk.

Lalu bagaimana kebiasaan buruk ini terbentuk?

Ya karena kebiasaan. Habit terbentuk dari perilaku yang kau lakukan setiap harinya dan itu sudah berlangsung lama. Semakin lama perilaku itu kau lakukan maka otakmu akan semakin biasa denan perilaku itu.

Misalnya begini, ketika kamu bosan dan ingin hiburan yang cepat kamu selalu membuka Youtube. Ini kamu lakukan setiap hari selama setahun. Maka perilaku ini akan jadi kebiasanmu selalu muncul jika kau bosan.

Silakan lihat infografis berikut bagaimana perilaku itu selalu muncul:

Ilustrasi siklus kebiasaan (habit)
Ini adalah siklus kebiasaan saat kamu ingin hiburan dan menonton Youtube

Perilaku selalu muncul diawali dengan keadaan awal, lalu otakmu meresponnya dengan isyarat (ingin hiburan atau kegiatan), lalu kamu menginginkan gratifikasi (hadiah yang kau inginkan).

Cara mengubah kebiasaan buruk

Untuk menghemat energi, otak kita memasukan banyak kebiasaan hal ke Basal Ganglia, yaitu bagian otak yang mengurusi sistem otomatis, termasuk adat kebiasaan (habit). Jadi kita berperilaku seperti menggunakan autopilot.

Kegiatan berpikir ketika mengerjakan soal ujian, menulis, membuat konten, memilih hp baru, dan lain sebagainya terletak di Prefrontal Cortex, yaitu sebuah bagian otak yang mengurusi pikiran aktif kita.

Itu juga kenapa alasannya sangat sulit untuk mengubah diri. Saat kamu berusaha mengubah kebiasaan lama, kamu masih menggunakan area prefrontal cortex untuk membuat perubahan diri. Jadi Basal Ganglia bertarung dengan Prefrontal Cortex dan yang menang adalah Basal Ganglia.

Hal ini ditunjukkan oleh penelitian di Jurnal of Clinical Psychologhy menunjukkan kalau 54% orang yang mengubah dirinya gagal di bulan kesepuluh. Orang-orang ini juga selalu memiliki resolusi 10 baru setiap tahunnya dan gagal memenuhinya.

Kebiasaan sebenarnya ada di dalam reflective system yang terletak di Basal Ganglia, yaitu sebuah sistem otomatis yang sudah menjadi di otak. Sistem ini berfungsi agar mengurangi beban otak agar tak selalu mengambil keputusan aktif terus menerus.

Mengubah kebiasaan sama seperti mengkalibrasi ulang otakmu. Artinya hanya ada beberapa cara efektif untuk melakukannya.

Tahap mengubah kebiasaan yang efektif

Alasan kenapa banyak orang gagal dalam mengubah kebiasaan adalah karena kamu masih menggunakan sistem berpikir aktif melawan sistem reflektiv, artinya pilihan aktif melawan kebiasaan. Seringnya sistem yang menaungi kebiasaan yang menang.

Ubah kegiatan tanpa mengubah ganjaran yang kau inginkan

Semua ini dimulai dengan membuat rutinitas baru tanpa perlu mengganti reward (ganjaran) yang kau inginkan.

Contohnya seperti ini, kamu sedang bosan dan ingin menghilangkan kebosanan itu. Biasanya kamu akan menonton Youtube di hp, kali ini ganti dengan membaca buku.

Ilsutrasi mengubah kebiasaan yang efektif
Mengubah rutinitas lebih efektif. Dalam hal ini kita mengubah rutinitas menonton Youtube menjadi membaca buku.

Dengan mengganti kegiatan untuk menghilangkan kebosanan itu kamu akan lebih mudah untuk menciptakan kebiasaan baru.

Namun tak berhenti di sini, untuk membuat kebiasaan baru kamu juga memerlukan komitmen untuk melakukannya.

Komitmen untuk mengubah kebiasaan

Kamu sekarang sudah paham bagaimana mengganti rutinitas tanpa mengubah ganjaran yang kau inginkan.

Namun untuk bisa menciptakan kebiasaan baru kamu perlu melakukan rutinitas yang kau lakukan setiap hari itu selama dua bulan.

Saat kamu baru mulai melakukan rutinitas baru, maka area otak yang aktif prefrontal cortex, yaitu adalah area dimana otak aktif memilih kegiatan. Secara sederhana kegiatan yang kau pilih masih sebuah pilihan, bukan kebiasaan.

Ingatlah, kebiasaan itu bukan pilihan melainkan perilaku yang sudah terprogram dalam dirimu.

Untuk mengubah sebuah pilihan menjadi kebiasaan maka kamu harus melakukan rutinitas baru itu selama dua bulan berturut-turut, setiap harinya.

Jika kamu bisa melakukannya maka kebiasaan baru akan terbentuk.

Lebih baik 1% setiap hari

ilustrasi jika kamu melakuan 1% lebih baik setiap hari dalam satu tahun
Ini ilustrasi jika kamu mencoba jadi lebih baik 1% setiap harinya dalam setahun.

Tentu semua hal di atas tampak mudah dilakukan, namun buat kamu yang sudah mencoba membuat kebiasaan baru pasti paham hal itu sulit dilakukan secara konsisten.

Namun jangan frustasi, mengubah kebiasaan baru itu sulit dan hal ini wajar untuk semua orang.

Hal yang harus kau pahami adalah tidak perlu sebuah perubahan besar yang mendadak, kamu hanya perlu 1% lebih baik setiap harinya.

Sedikit demi sedikit kamu menjadi lebih baik, ini bisa kamu lakukan setiap harinya. Cobalah untuk konsisten dalam lebih baik 1% saja.

Jika kamu kesulitan untuk melakukannya maka bayangkan apa yang terjadi saat kamu melakukan kebalikannya. Kamu lebih buruk 1% setiap harinya.

Infografis berikut akan menggambarkan bagaimana jika kamu lebih baik 1% dan lebih buruk 1%, kita gambarkan dengan produktivitas dirimu.

Meskipun akan ada hari-hari dimana kau akan melakukannya lebih buruk, namun semakin lama kau mencoba maka akan semakin baik juga hasilnya secara jangka panjang.

Membuat kebiasaan baru yang lebih baik adalah rencana jangaka panjang untuk membuat hidupmu lebih baik dan ini mungkin aspek terpenting yang harus bisa kau ubah.

baca juga: Tentang Proses Menciptakan Sesuatu yang Bernilai dan Penciptaan Kekayaan

Jika kamu tertarik untuk mendalami lebih lanjut tentang kebiasaan, kamu bisa baca buku Charless Duhigg The Power of Habit.

Kesimpulan

Hidup yang baik terdiri dari kebiasaan yang baik juga. Kebiasaan seperti bangun pagi, produktivitas, belajar, dan lain-lain akan mengisi banyak bagian hidupmu untuk menjadi lebih baik.

Tidak mudah untuk mengisi keseharianmu dengan kebiasaan baru yang lebih bermanfaat. Kamu akan banyak menemui hal-hal gagal untuk itu kamu perlu menyusun strategi untuk bisa menumbuhkan kebiasaan itu.

Mulailah dengan:

  1. Ganti rutinitas tapi masih memiliki ganjaran sama seperti mengobati bosan dengan membaca buku alih-alih menonton Youtube.
  2. Berkomitmen untuk menumbuhkan rutinitas baru, agar kebiasaan baru ini bisa tumbuh secara konsisten
  3. Lebih baik sedikit setiap harinya akan membuat sukses menumbuhkan kebiasaan baru dalam jangka panjang.

Buat kamu yang ingin membaca lebih banyak artikel dari saya, silakan daftarkan emailmu dan tekan notifikasi jika ada postingan baru. Jangan lupa share juga artikel ini bila kamu merasa bermanfaat ya, kawan.

Selamat mencoba membuat kebiasaan baru, kawan.

You may also like...

4 Responses

  1. Sabda Awal says:

    terimakasih tipnya, meskipun durasinya sedikit tapi kalau dilakukan berulang itu akan lebih baik ya. 1% tapi dilakukan setahun penuh.

    Saya coba praktekkan kebiasaaan buruk, yang sekarang itu kalau udah jadwal tidur pasti scroll sosmed sampai ga bisa tidur, mulai sekarang akan coba abaikan hp

  2. Insight yang baru buat saya, yaitu harus mencoba setidaknya 1% secara terus menerus ya Mas. Daripada nggak sama sekali😊

    Terimakasih telah berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *