Kenapa Indonesia Butuh Lebih Banyak Seniman, Penemu, dan Entrepreneur

Suatu kemajuan dalam sebuah bidang tidak terjadi begitu saja, ada banyak usaha dari generasi orang-orang yang menekuni bidang itu. Kemajuan yang datangnya sedikit demi sedikit yang dirintis oleh para seniman, pemikir, filsuf, dan penemu.

Sains memungknkan orang-orang yang tak sepintar Einstein untuk bisa membuat kemajuan, langkah-langkah kecil yang terus menerus dilakukan orang-orang yang memajukan suatu bidang.

Nantinya kemajuan itu akan digunakan oleh banyak orang, yaitu mereka yang berbisnis, berkesenian, dan membuka bisnis. Untuk itu kemajuan bisa didapat.

Sekarang kita sangat memerlukan para seniman, penemu (inventors), dan entrepreneur. Untuk bisa bersaing di kancah global maka diperlukan mereka yang memiliki keahlian di berbagai bidang.

Distribusi Ilmu dan skill itu penting

Di era digital seperti sekarang banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari ilmu demi menambah skill, pengetahuan, di bidang yang dia ingin kuasai.

Jika melihat para pemikir dan profesional di barat mereka sudah lama melakukan hal ini, namun saat ini semakin banyak orang yang menulis, membuat video, podcast, untuk membicarakan bidang keahlian mereka masing-masing.

Salah satu kelompok pemikir dari barat yang paling terkenal adalah intellectual dark web yang beranggotakan Joe Roegan, Sam Harris, Richard Dawkins, dan lain-lain. Mereka adalah para pemikir yang sering terlibat diskusi di ruang publik dengan padangannya yang konservatif dan seringkali menilai agama berdasarkan sudut pandang ateis.

Mereka cukup dikenal di kalangan orang-orang sekuler dan ateis di seluruh dunia.

Di sisi lain ada Seth Godin yang sering membicarakan pemasaran, Jordan Peterson yang mengunggah kursus psikologi tentang kepribadi selama satu semester di Youtube, Simon Sinek yang membicarakan leadership, dan masih banyak lagi.

Internet dan platform media sosial memberikan kemampuan individu untuk mencari pemirsa, orang-orang yang tertarik dengan bidang yang digeluti para pemikir tersebut.

Dan kita pun butuh orang-orang ahli di Indonesia yang menggunakan platform di internet untuk membagikan pengetahuan dan skillnya.

Tidak Sekadar jadi Youtuber atau seleb medsos, kamu bisa membagikan pengetahuanmu untuk mereka yang tertarik dan bahkan membutuhkannya.

baca juga: Hal yang Membuatmu Mendapatkan Uang

Cerita Dongeng Geologi

Dari tahun 1998 tulisan almarhum ‘pakde’ Rovicky Dwi Putrohari yang lebih kita kenal dengan blognya, Dongeng Geologi sudah menemani pembaca yang ingin tahu seputar geologi.

Saya mengenal blog itu pada tahun 2007, ketika gemar-gemarnya menulis di wordpress.

Dongeng Geologi merupakan sebuah portal bagi mereka yang ingin penasaran dan bertanya kepada Pakde Rovicky. Dia jadi semacam kelas, bahkan alun-alun untuk mereka yang ingin belajar Geologi.

Sekarang pun kita perlu lebih banyak ilmuwan yang melakukan hal serupa dengan Pakde, secara konsisten membagikan ilmunya di internet.

Kemajuan kita sebagai sebuah bangsa mustahil dicapai sendirian, namun ketika banyak orang bekerja sama untuk bisa melangkah ke arah yang sama, saya yakin hal itu lebih mudah.

Ada juga pak Faisal Basri seorang akademisi yang gemar menulis di blognya untuk menyuarakan opininya dan berbagai keilmuannya. kita bisa lihat dari tulisan terbaru tentang alasan kenapa omnibus law versi saat ini dia tentang.

Baca juga: Mengubah Kebiasaan Buruk

Naiknya Pamor Para Intellectual Dark Web Dan Segudang Ahli Yang Gemar Berbagi

Di barat para pemikir kiri dan kanan seperti Jordan Peterson, Richard Dawkins, Sam Harris, dkk memungkinkan penyebaran pemikiran mereka secara masif.

Mereka menggunakan platform media sosial untuk berbicara tentang pemikiran dan temuan mereka.

Meskipun digadang sebagai sebuah grup namun kelompok ini merupakan kumpulan individu jenius yang punya pemikiran tersendiri dan berbeda-beda secara filosofis dan ideologis.

Di sisi pemasaran ada Seth Godin, untuk branding ada Marty Neumeier, kemudian leadership ada Simon Sinek. Mereka ini adalah orang-orang yang menyebarkan keilmuannya dengan blog, podcast, dan menggunggahnya juga di Youtube.

Kita memerlukan orang-orang yang bersemangat dalam membagikan temuannya di internet agar ilmu yang dimiliki semakin tersebar.

Baca juga: Cara Untuk Menjadi Ahli di Bidang Apa pun

Tunjukkan karyamu

Ketika teman-teman semua menulis blog, membuat podcast, atau video di Youtube maka kalian bukan mau menjadi seorang seleb di internet tapi karena memang untuk membagikan ilmu kalian.

Kamu tidak akan menjadi sebuah seleb internet dalam waktu dekat. Kamu bukan membuat konten prank di Youtube, kamu membagikan ilmu dengan paltform digital tersebut.

Dan kamu juga tidak usah memikirkan tentang SEO dan segala tetek bengek pemasaran digital dulu, yang penting keluarkan karyamu di platform media sosial dan bagikan ilmumu untuk mereka yang peduli.

Mencari pemirsa yang peduli dengan pekerjaan dan karyamu itu jalan panjang. Kuncinya adalah selalu membagikan suguhan terbaik untuk mereka yang ingin melihat karyamu.

Yah semoga kamu mau menulis dan membagikan karyamu secara konsisten kawan, mari saling menginspirasi dan berbagi pengalaman dan ilmu kita masing-masing.

You may also like...

1 Response

  1. IT One First says:

    Good article , please also visit my blog
    Best Hosting in Indonesia

    Thank’s for sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *