Hal yang Membuatmu Mendapatkan Uang

Sepertinya sekarang ini banyak orang yang berusaha mendapatkan pekerjaan, ditambah banyaknya PHK yang terjadi karena pagebluk yang sedang berlangsung ini. Para pencari kerja membeludak sedangkan lowongan makin sedikit. Banyak tempat kerja yang tidak bisa beroperasi karena pagebluk COVID-19.

Saya pribadi juga semua proyek pemasaran, pembuatan video, atau media sosial berhenti di awal wabah ini. Kemudian saya melamar pekerjaan melalui Tech in Asia. Saya melamar sebagai SEO dan content strategist. Alhamdulillah, saya diterima kerja.

Jadi saat ini saya bekerja sebagai seorang SEO writer dan Content Strategist secara remote (tidak berkantor) dan saya menulis setiap hari di Rendunk. Namun saya melihat juga beberapa rekan di grup facebook periklanan profesional yang kehilangan proyek dan pekerjaan, banyak yang seperti itu.

Namun kalau melihat akun-akun penyedia kerja seperti Job Street dan HRD Bacot di Twitter saya melihat banyak juga para fresh graduates (sarjana baru) dan lulusan SMA dan SMK yang sibuk mencari kerja, lalu pagebluk ini memebuatnya semakin sulit.

Namun prinsip yang harus digunakan dalam mencari kerja itu tetap sama. Kita harus menonjol dibandingkan dengan kandidat lainnya. Lalu Bagaimana caranya?

Kemampuan berpikir dan bertindak untuk menyelesaikan masalah

Kesamaan antara pekerja dan pengusaha adalah masing-masing memiliki kemampuan untuk menyelsaikan masalah yang dihadapi oleh para pelanggannya. Hal ini juga yang dicari oleh perusahaan dan klienmu.

Perusahaan di tempat kamu lamar akan mencari tahu apakah kamu bisa menyelsaikan masalah. Mereka akan melihat bagaimana CV dan proyek apa saja yang sudah kau kerjakan. Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, maka mereka akan melihat potensimu, apa saja pengalaman akademikmu, organisasi, atau bahkan proyek apa saja yang sudah kamu kerjakan.

Jika kamu tidak memiliki apapun untuk ditawarkan selain keinginan bekerja keras. Kamu bisa juga diterima, selama kamu nurut dan tidak membuat masalah selama bekerja.

Namun kemampuan paling berharga adalah memberikan solusi yang dihadapi di calon tempat kerjamu. Ini yang menjadikan seseorang berharga.

Semua bisnis atau lembaga apa pun, ingin mereka maju, menjadi baik. Namun untuk mendapat kemajuan ada segudang tantangan yang dihadapi dan tidak ada satu solusi saja karena tantangannya ada banyak.

Pekerjaanmu itu, entah sebagai admin, sales, media social specialist, PR, penulis konten, dan sebagainya, bergabung ke perusahaan tersebut untuk menyelesaikan satu masalah yang spesifik itu.

Misalnya perusahaan itu ingin meningkatkan jumlah kunjungan website, maka mereka akan menyewa seorang SEO writer.

Jika perusahaan ingin membuat akun media sosialnya memiliki interaksi tinggi mereka akan membuat seorang specialist. Jika perusahaan ingin meningkatkan penjualannya mereka akan merekrut tenaga penjual dan seterusnya.

Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan persoalan yang spesifik akan membuatmu memiliki nilai jual yang lebih tinggi, apa pun kemampuan yang kau miliki itu.

Untuk itu kamu harus belajar untuk mencari pengalaman, jika kamu tidak memiliki pengalaman sebagai seorang profesional, ada banyak kegiatan yang tidak memberimu penghasilan uang tapi kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga dari sana.

Mungkin saat kuliah kamu mengikuti klub foto lalu kamu bisa mengorganisir pameran foto, lalu kamu masuk ke Event Organizer. Kamu tidak mendapatkan uang ketika kamu membuat pameran foto itu, tapi kamu paham sekarang bagaimana mengorganisir sebuah event.

Melakukan sesuatu untuk mendapatkan pengalaman masih jadi hal berharga yang bisa kamu lakukan, meskipun tak dibayar, namun akan memberimu sebuah pengetahuan dan pengalaman.

Jadi belajarlah terus menerus dan dapatkan pengalaman di bidang yang kau inginkan atau yang bikin kamu penasaran. Banyak yang bisa membuatnya seperti itu.

Belajar hal-hal yang bisa memperdalam skill atau meluaskan wawasan

Perkembangan teknologi saat ini berkembang bahkan tiap hari. Sebagai contohnya Google mengupdate algoritma sebanyak 3200 kali di tahun 2019. Belum lagi update besar yang bermacam-macam.

Perubahan teknologi saat ini mendorong perubahan perilaku, dalam artian jika Youtube update algoritme-nya maka para Youtuber akan mengikutinya. Mereka akan mengikuti sekarang durasi video harus sekian menit, deskripsi harus begini, tag harus begitu, jam tayang harus jam sekian, dan seterusnya.

Perkembangan teknologi ini mendorong kita untuk menyesuaikan diri dengan update tersebut. Di sini pentingnya unuk menambah wawasan dan memperdalam skill, dalam artian kamu harus paham bagaimana menciptakan sebuah karya yang bernilai.

Contohnya seperti ini jika kamu menulis sesuatu dan kemudian tulisan itu bagus, bukan plagiat, dan berisi, maka Google update algoritmanya seperti apa pun kamu akan memiliki pembaca yang setia. Hal ini berlaku juga untuk video, podcast, gambar, dan bentuk karya lainnya.

Dunia fotografi terdistrupsi sejak adanya VSCOCam dan Lightroom mobile. Bentuk foto yang bisa diterima di zaman pameran foto fisik dan media sosial kemudian berbeda. Ada perubahan yang besar, yang membuat dunia fotografi berubah.

Dalam perubahan itu ada fotografer yang bertahan dan sisanya yang tak mampu, biasanya beralih profesi.

Tanpa menambah ilmu dan skill, sulit bertahan di dunia yang cepat berubah sekarang ini akan sulit untuk dirimu bertahan. Semakin banyak tantangan unik yang harus kau hadapi, maka semakin banyak ilmu dan skill yang harus kau kuasai.

Sebuah bisnis ingin mendapatkan pengunjung ke web mereka, maka kemampuan menuliskan SEO yang memiliki materi yang efektif adalah keharusan dan kamu bisa tawarkan kepada perusahaan itu sebagai solusi.

Orang akan merekrutmu atau menyewamu karena kemampuanmu menyelsaikan tantangan yang mereka hadapi. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi dan zaman, maka kamu perlu menambah skill dan wawasanmu untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

Tantangan semakin kompleks setiap harinya, sedikit demi sedikit dan sebagai seorang yang memberikan solusi kamu harus bisa menyelesaikannya.

You may also like...

4 Responses

  1. Hastira says:

    makasih sharingnya

  2. Great web site you have here.. It’s hard to find excellent writing like yours nowadays.

    I honestly appreciate individuals like you! Take care!! parbrize-nissan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *